Tim Bulutangkis Indonesia untuk All England 2022, Garuda Kirim Skuad Terbaik Seusai Kecewa Tahun Lalu PBSI merilis daftar tim bulutangkis Indonesia untuk ajang All England 2022. Indonesia dipastikan turun dengan kekuatan terbaik di turnamen All England 2022 setelah dikecewakan pada edisi sebelumnya.

Seperti diketahui, All England Open 2021 menjadi turnamen yang tidak mengenakkan bagi para atlet bulu tangkis Indonesia. Bagaimana tidak, mereka dipaksa mundur dari turnamen karena satu pesawat dengan penumpang yang terinfeksi Covid 19. Alhasil, seluruh pebulu tangkis Indonesia dipaksa menjalani karantina selama 10 haridan tidak bisa ikut bertanding.

Meski itu adalah regulasi resmi pemerintah Inggris, tetapi ada perlakuan berbeda yang diterapkan panitia All England dan BWF. Pasalnya, tim bulu tangkis Indonesia sudah sempat menjalani tes PCR setiba di hotel dan hasilnya dinyatakan negatif. Selain itu, BWF dan panitia All England juga tidak memberlakukan tes ulang kepada pebulu tangkis Tanah Air.

Hal itu berbeda dengan yang terjadi pada pebulu tangkis asal Denmark, India, dan Thailand, yang sempat diketahui positif Covid 19. Satu tahun berlalu setelah insiden tersebut, Indonesia dipastikan bakal tampil di turnamen yang sama tahun ini. All England Open 2022 dijadwalkan berlangsung di Arena Birmingham, Inggris, pada 16 20 Maret 2022.

Setelah dikecewakan pada edisi sebelumnya, kali ini Indonesia dipastikan turun dengan kekuatan terbaiknya. Pada Kamis (3/2/2022) malam WIB, Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) telah merilis daftar susunan pebulu tangkis Indonesia untuk All England Open 2022. Untuk sektor tunggal putra, PBSI mengirim empat wakil yakni Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, Shesar Hiren Rhustavito, dan Chico Aura Dwi Wardoyo.

Adapun untuk sektor tunggal putri, PBSI hanya mengirim dua wakil yakni Gregoria Mariska Tunjung dan Putri Kusuma Wardani. All England Open 2022 sekaligus akan menjadi debut Putri Kusuma Wardani pada ajang bergengsi tersebut. Kemudian di sektor ganda putra, Indonesia menurunkan pemain pemain terbaiknya, termasuk 3 pasangan yang berada di 10 besar ranking BWF.

Mereka adalah Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Selain itu, PBSI juga mengirim tiga pasangan muda yakni Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, dan Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri. Sementara di nomor ganda putri, Gresyia Polii/Apriyani Rahayu masih menjadi pasangan andalan Indonesia.

Di samping itu, ada juga Nita Violina Marwah/Putri Syaikah, Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi, dan Ribka Sugiarto/Febby Valencia Dwijayanti Gani. Di nomor ganda campuran ada Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti yang kini berstatus sebagai pemain profesional. Selain itu, ada Gloria Emanuelle Widjaja yang bertanding dengan pasangan barunya, Dejan Ferdinansyah.

Seperti Praveen/Melati, Gloria pun juga tak lagi dipanggil ke pelatnas pada tahun ini dan kembali ke klubnya PB Djarum. Berikut Daftar Pemain Tim Bulutangkis Indonesia untuk All England Open 2022 Anthony Sinisuka Ginting Jonatan Christie Shesar Hiren Rhustavito Chico Aura Dwi Wardoyo

Gregoria Mariska Tunjung Putri Kusuma Wardani Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri Gresyia Polii/Apriyani Rahayu Nita Violina Marwah/Putri Syaikah Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi Ribka Sugiarto/Febby Valencia Dwijayanti Gani

Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja