PSS Sleman akan membuka putaran kedua BRI Liga 1 2021 menghadapi tim juru kunci Persiraja Banda Aceh, Jumat (7/1/2022). Berlaga di Stadion I Gusti Ngurah Rai, ini adalah peluang bagi PSS Sleman masuk ke 10 besar jika mengemas tiga poin. Sedangkan untuk Persiraja Banda Aceh, mereka membutuhkan kemenangan untuk menambah poin dan keluar dari posisi terbawah di klasemen.

Jelang pertandingan perdana di putaran kedua ini, PSS Sleman dihantui sejumlah masalah kebugaran. "Saat ini kita sedang melihat kondisi Mario Maslac. Saya lihat dia sedikit ada kendala dan kondisinya masih 80 persen. Ada beberapa pemain juga yang baru bergabung sehingga perlu sedikit penyesuaian," ujar pelatih PSS Sleman, I Putu Gede. Selain itu, Wander Luiz masih diragukan tampil karena akumulasi kartu kala masih membela Persib Bandung.

"Target untuk debut saya pastinya kita ingin dapat 3 poin. Saya lihat potensi besar di PSSSleman ini, dari awal saya katakan kalau PSSSleman ini tim besar yang ingin segera bangkitkan lagi," lanjut I Putu Gede. Putu juga mengatakan kalau sudah menyiapkan taktik khusus pada pertandingan besok demi mengamankan 3 poin. Salah satunya ia ingin para pemain dapat menguasai bola lebih banyak.

"Besok dalam taktikal ada beberapa perlu digaris bawahi. Selama dalam pelatihan sudah kita beri arahan kalau besok harus ditampilkan. Saya ingin para pemain tidak mudah kehilangan bola, saya kira bisa pemain kita bisa lakukan itu," jelasnya. "Kalau persiapan khusus tidak ada, hanya motivasi untuk pemain saja karena di pertandingan awal kita sempat kehilangan poin lawan mereka, tapi sekarang banyak perubahan juga itu yang kita inginkan untuk motivasi pemain," tegasnya. Pada kesempatan yang sama, kapten PSSSleman, Bagus Nirwanto menyatakan siap bermain dengan target meraih poin penuh saat melawan PersirajaBandaAceh besok sore.

"Kami siap untuk pertandingan besok, meski di pertandingan pasti tidak akan mudah, tapi kita akan berusaha untuk mencuri poin maksimal, semoga kita bisa curi 3 poin," katanya. Pemain yang akrab disapa Munyeng itu menambahkan kalau adaptasi seluruh pemain termasuk pemain baru sudah cukup cair, dan bisa menjalankan instruksi pelatih selama sesi latihan dengan baik. "Tidak ada masalah, berjalan dengan lancar, sudah menyatu dengan pemain baru, kita mengerti apa yang diinginkan pelatih, semoga besok kita bisa menjalankan apa yang diinstruksikan pelatih," sambungnya.

Selain itu Munyeng juga memohon dukungan dan doanya kepada seluruh Sleman fans karena laga perdana besok termasuk penting untuk menjaga trens positif ke depannya. "Kami ingin dukungan dari Sleman fans, dukung kami doakan kami untuk meraih 3 poin," tegasnya. Di sisi lain, untuk pertandingan perdana ini Persiraja belum dapat didampingi pelatih anyarnya, Sergio Alexandre.

Namun menurut asisten pelatih Akhyar Ilyas hal itu bukan sebuah kendala, karena semua instruksi dari Sergio sudah diterapkan oleh para pemain. "Besok head coach belum bisa gabung, tapi kita sudah upayakan setiap hari laporkan ke proses latihan, kita juga kirimkan video uji coba dan sudah lakukan koordinasi soal itu," katanya. "Tidak ada pesan khusus dari coach, yang penting kita kerja keras dapat poin penuh untuk besok.

"Pertandingan untuk kita adala final, semua pemain fokus lebih, tidak ada waktu bersantai, manfaatkan sisa pertandingan untuk mengangkat tim dari zona degradasi," tambah Ilyas. Miswar Saputra; Bagus Nirwanto, Mario Maslac, Asyraq Gufron, Derry Rachman; Aaron Evans,Syahroni, Irkham Zahrul Mila,Juninho, Eeng Supriyadi; Wander Luiz. Fakhrurrazi; M Rifaldi, Afiful Huda, Leo Lelis, Ramadhan; Ridha Umami, Bruno Dybal, Assanur Rijall; Defri Rizki, Paulo Henrique, Akhirul Wadhan.