Produser Film Kadet 1947: ‘Kami Merasakan Perang yang Sesungguhnya’

Film Kadet 1947 yang bercerita tentang aksi serangan udara dari TNI AU, sedang diputar di seluruh bioskop Indonesia. Rupanya rumah produksi Temata Studio merasa menjalani proses penggarapan film Kadet 1947 yang dibintangi oleh Bisma Karisma, Kevin Julio, Marthino Lio, dan masih banyak lagi layaknya seperti perang sesungguhnya. Produser film Kadet 1947, Tesadesrada Ryza mengatakan bahwa proses syuting film yang sudah tayang sejak 25 November 2021 itu, mulanya terjadi pada Maret 2020.

"Jadi kita syuting bertepatan sama Presiden Indonesia, Bapa Joko Widodo mengumumkan adanya Covid 19 di Indonesia," kata Tesadesrada Ryza ketika berbincang di kantor redaksi Wartakotalive, Senin (29/11/2021). Ryza menambahkan, timnya hanya menjalani proses syuting selama tiga hari, yang kemudian harus diberhentikan karena tidak mendapatkan izin keramaian. "Kemudian kami menjalani proses syuting lagi di September 2020.

Selama enam bulan kita menunggu maklumat TNI/POLRI mengenai izin keramaian ini," ucapnya. Selama enam bulan berhenti syuting, Ryza menyebut semua properti syuting pun terbengkalai, dan lama kelamaan rusak karena tertiup angin dan lain sebagainya. "Belum lagi kami ada pergantian pemain juga karena memang tidak bisa menunggu perizinan buat syuting ini," ungkapnya.

Setelah diperbolehkan syuting di September 2021, Ryza menyebut tim produksi menjalani kegiatan layaknya seperti seorang pahlawan. "Kita syuting pandemi masih tinggi tingginya. Ya kayak pahlawan aja, ninggalin rumah seperti mau perang. Harus hati hati banget buat pergi gitu keluar rumah," jelasnya. "Mau tidak mau proses syuting harus tetap berjalan meski ditengah pandemi," sambungnya.

Ryza menegaskan timnya mengedepankan protokol kesehatan yang ketat, karena ia tak mau satu orang kru dan juga pemain bisa terpapar covid 19. "Satu orang kena ya berhenti lagi syutingnya," tegasnya. Setelah proses syuting, diakui Tesadesrada Ryza timnya kembali berperang karena harus berusaha mendapatkan jadwal di seluruh bioskop Indonesia.

"Setelah dapat dan sampai di sini, ya kami merasa seperti menghadapi perang yang sesungguhnya," ujar Tesadesrada Ryza. Film Kadet 1947, bercerita tentang sekelompok kadet dari sekolah penerbang Angkatan Udara di Maguwo, yaitu Sigit (Bisma Karisma), Mul (Kevin Julio), Har (Omara Esteghlal), dan Adji (Marthino Lio), berambisi untuk ikut serta menjaga Indonesia dari Belanda. Namun, ambisi mereka terhalang berbagai rintangan dikarenakan mereka masih berstatus pelajar Angkatan Udara, sehingga mereka tidak mendapat izin untuk membawa pesawat dan senjata.

Pertentangan pun datang dari para petinggi Angkatan Udara yang dipimpin oleh KASAU Komodor Udara Soerjadi Soerjadarma (Mike Lucock), Adisutjipto (Andri Mashadi), Abdulrachman Saleh (Ramadhan Al Rasyid), dan Halim Perdanakusuma (Ibnu Jamil). Demi menjalankan aksi nekatnya, para kadet meminta bantuan kepada sersan udara Tardjo (Wafda Saifan), serta penembak udara Dul (Chicco Kurniawan) dan Kapoet (Fajar Nugra). (Arie Puji Waluyo/ARI). Artikel ini merupakan bagian dari

KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

About Us

Sed gravida lorem eget neque facilisis, sed fringilla nisl eleifend. Nunc finibus pellentesque nisi, at is ipsum ultricies et. Proin at est accumsan tellus.

Featured Posts