Hadiah juara panjat tebing Bupati Cup 2021 menjadi viral di media sosial karena disertakan jumlah nominalnya. Di foto yang beredar, amplop itu disertakan beberapa lembar uang dan logo Pemkab Pandeglang. Di amplop juara II berisi uang Rp 165 ribu. Lalu amplop juara III masing Rp 95 ribu.

Kasi Pembibitan dan Prestasi Olahraga Dispora Pemkab Pandeglang Ahmad Jubaedi membenarkan bahwa hadiah untuk juara panjat tebing di Bupati Cup 2021 itu memang segitu. Dia mengatakan, kegiatan olahraga itu merupakan ajang tahunan yang tahun ini menganggarkan Rp 150 juta. Sedangkan untuk hadiah mencapai Rp 30 juta unutk empat cabang olahraga. Yakni karate, panjat tebing, pencak silat dan futsal dengan 50 nomor pertandingan.

"Rp 150 juta untuk empat cabor, meskinya 15 cabor, karena anggaran dan waktu, berkejaran dengan SPJ," kata AHmad Jubaedi dikutip dari Kompas.com, Sabtu (18/12/2021). Dari empat cabor yang dilombakan, nominal hadiah uang yang diberikan sama besarnya dan itu sudah sesuai kesepakatan bersama panitia. Dari Rp 150 juta yang dianggarkan, tidak semuanya diberikan untuk pemenang namun juga ada anggaran untuk panitia.

"Satu cabor pertandingan ada uang lelah. Ini amatir sebetulnya, tidak diberikan apapun tidak masalah," kata dia. Dari hadiah yang diberikan dengan nilai hanya ratusan ribu itu, sebelumnya sudah dipotong pajak sebesar 6 persen. Dari foto yang beredar, memang tidak menampilkan berapa hadiah uang untuk juara 1.

Ternyata hadiah uang untuk juara 1 yakni Rp225 ribu. "Uang pembinaan, kita sampaikan juara pertama Rp 225.000, juara kedua Rp 175.000 dan juara ketiga Rp 100.000. Ini uang negara, otomatis ada pajak 6 persen, kami tidak memotong sedikit pun, hanya potongan pajak negara," kata Jubaedi. Ia mengatakan jumlah hadiah tidak besar karena menyesuaikan anggaran yang tersedia.